Tips Mengatasi Ambeien dengan Perilaku Sehari-Hari

Misterje.com – Halo sobat Misterje, bagaimana kabar kalian saat ini? Semoga tetap sehat selalu. Pada kesempatan yang baik ini, Misterje akan mengulas tentang tips mengatasi ambeien dengan perilaku sehari-hari. Semoga tips yang kami cantumkan disini dapat membantu mencegah ambeien atau bahkan mengobati ambeien yang menyerang kalian.

Seperti yang sudah banyak dibahas, bahwa Ambeien atau yang lebih umum dikenal juga sebagai wasir merupakan sebuah gangguan  pada pembuluh darah yang ada di sekitar anus atau rektum. Gangguan ini menyebabkan pembulu darah membengkak dan meradang.

Penyebab pasti ambeien belum diketemukan, tetapi perkiraan yang paling mendekat adalah meningkatnya tekanan yang masuk ke pembulu darah di sekitar anus. Terutama saat kita sedang buang air besar, dimana kita memberikan tekanan yang besar pada otot anus.

Penyakit ambeien memiliki ciri-ciri yang spesifik dan langsung dirasakan oleh penderitanya, seperti rasa sakit yang berdenyut-denyut di bagian anus dan terasa gatal. Kemudian kalian akan merasakan panas di bagian anus, terutama saat setelah buang air besar. Untuk lebih jelasnya mengenai ciri-ciri penyakit ambeien ini, kalian dapat baca artikel gejala ambeien dan ciri-cirinya.

Tips Mengatasi Ambeien dengan Perilaku Sehari-Hari

Jika kalian merasakan ciri-ciri dan gejala tersebut sebaiknya kalian melakukan tindakan intensif agak ambeien tidak semakin memburuk. Ada beberapa tips untuk kalian yang mengalami masalah ambeien ini. Tips dari Alodokter ini dapat kalian lakukan dalam perilaku sehari-hari. Silahkan dicoba dan dibenarkan jika dalam perilaku sehari-hari sebelumnya belum sesuai dengan tips ini.

Baca Juga :   Mengobati Jerawat Dengan Alpukat dan Madu Secara Alami

Hindari Makanan Rendah Serat

Serat yang terkandung di dalam beberapa makan sangat penting sekali untuk membantu pencernaan dan proses pembuangan sisa metabolisme. Kurang dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dapat menyebabkan sembelit. Dan ini adalah salah satu penyebab terbentuknya penyakit ambeien.

Kalian harus menghidari beberapa makanan rendah serat seperti:

  1. Roti putih atau roti tawar
  2. Produk olahan susu
  3. Daging dan produk olahan daging
  4. Karbohidrat olahan
  5. Makanan beku
  6. Makanan cepat saji
  7. Dan beberapa makanan olahan instan rendah serat lainnya

Selain itu, kalian juga harus selalu kontrol asupan garam yang masuk ke dalam tubuh. Kekurangan garam juga berakibat tidak baik, tetapi kebanyakan asupan garam juga sangat berakibat tidak baik. Kemudian hindari minuman berakohol, makanan atau minuman pedas, dan buah sitrus.

Makanan yang sangat dianjurkan untuk penderita ambeien adalah makanan yang kaya akan kandungan serat, seperti: Kacang-kacangan dan olahannya, Alpukat, Gandum utuh, Brokoli, Pisang, Apel, Pir, dan Oatmeal.

Baca Juga :   3 Cara Mudah Menghilangkan Kantung Mata Panda Secara Alami

Jangan Tunda Buang Air Besar

Nah ini sangat penting untuk kalian yang malas dan suka menunda-nunda untuk BAB. Saat sudah asik bekerja atau memainkan sesuatu kita sering mangabaikan hal ini. Padahal menunda BAB itu resikonya sangat besar, yaitu meningkatnya tekanan di anus dan meningkatkan resiko terkenan sembelit. Ujungnya, ambeien akan semakin parah seiring dengan tekanan yang diterima otot anus dan pembulu darah di anus.

Jadi untuk kalian yang suka menunda-nunda BAB mulai sekarang jangan dilakukan lagi. Segera ke toilet ketika perut sudah bersontak dan keinginan untuk BAB sudah memuncak.

Perhatikan Posisi Saat BAB

Ini penting sekali untuk kalian yang menggunakan toilet duduk. Untuk yang menggunakan toilet jongkok bisa mengabaikan tips ini. Karena posisi terbaik saat BAB adalah jongkok, bukan duduk (berdasarkan data penelitian).

Jika kalian menggunakan toilet duduk sebaiknya kalian pakai kursi kecil sebagai pijakan kaki. Sehingga posisi agak seperti orang jongkok. Dengan posisi ini posisi rektum atau anus menjadi sesuai dan kotoran bisa keluar dengan mudah.

Jangan Mengejan saat BAB

Bagi penderita ambeien sangat dianjurkan untuk tidak mengejan saat BAB. Biarkan saja kotoran keluar dengan sendirinya atau tekanan normal. Mengejan akan menambah tekanan pada rektum dan ini sangat beresiko bagi pembuluh darah di anus.

Baca Juga :   Memutihkan Kulit Dalam Waktu 15 Menit Tidaklah Mustahil

Supaya tidak mengejan kalian harus mempermudah proses keluarnya kotoran dengan cara posisi saat BAB, dan mengkonsumsi makanan mengandung tinggi sereat.

Jangan Terlalu Lama Di Toilet

Ini berkaitan dengan seberapa lama kita duduk atau jongkok untuk BAB. Semakin lama kita duduk atau jongkok saat BAB, maka semakin besar juga tekanan yang diterima pembuluh darah. Dan akhirnya resiko ambeien jadi lebih tinggi dan bisa semakin parah.

Hindari membawa barang-barang yang bikin betah di kamar mandi, seperti: buku, koran, majalan, smartphone, dan lain-lain.

Nah itu tadi Tips Mengatasi Ambeien dengan Perilaku Sehari-hari. Silahkan dibenarkan perilakunya jika selama ini masih salah. Semoga tips ini bermanfaat untuk kalian yang merasa sedang mengalami gangguan penyakit ambeien.

Selain melakukan tips tersebut, sebaiknya kalian juga konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan dan obat yang tepat secara medis. Seoga bermanfaat dan salam sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.