Kenali Penyebab Sariawan yang Umum Menyerang Saat Remaja

Penyebab Sariawan Hampir setiap orang pernah terserang sariawan dihidupnya. Penyakit ini menimbulkan luka yang tidak seberapa di bagian mulut. Tetapi rasa nyeri yang ditimbulkannya membuat seseorang yang mengalaminya sulit makan atau menelan makanan.

Sariawan seringkali muncul pada jaringan lunak dalam mulut, bagian dasar gusi, ujung atau bawah lidah, atau di bagian rongga mulut. Dan kemunculannya bisa satu luka atau beberapa luka secara bersamaan di bagian yang berbeda.

Dari kebiasaan, sariawan ini sering kita kaitkan dengan kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh. Sehingga banyak orang yang berdasar pada penyebab sariawan tersebut melakukan treatment sendiri dengan mengkonsumsi vitamin C.

Itu menang terkadang menyelesaikan masalah sariawan. Tetapi penyebab sariawan oleh kurangnya asupan vitamin C ke dalam tubuh itu tidaknya sepenuhnya benar. Masih ada beberapa penyebab lainnya yang paten dan paling umum terjadi.

Mengenali Penyebab Sariawan Terbesar

Kekurangan vitamin adalah salah satu faktor penyebab sariawan yang paling utama. Tetapi perlu kita ketahui bahwa kekurangan vitamin yang menyebabkan sariawan tersebut adalah kekurangan vitamin B12 yang diikuti dengan penurunan daya tahan tubuh secara drastis.

Baca Juga :   Menghilangkan Noda Bekas Jerawat Dengan Masker Jagung

Jadi jika kita selama ini menganggap kekurangan asupan vitamin C ke dalam tubuh yang menyebabkan sariawan itu tidaklah benar. Karena yang benar adalah kurangnya asupan vitamin B12 dan/atau asam folat. Penyebab inilah yang paling umum dan banyak dijumpai.

Penyebab sariawan tidak hanya itu saja, masih banyak lagi keadaan yang dapat menyebabkan serangan sariawan, termasuk sariawan di lidah yang memang karakteristiknya cukup berbeda.

Penyebab Sariawan Lainnya

Berikut ini beberapa penyebab sariawan yang lainnya, yang cukup sering dijumpai.

  1. Infeksi bakteri dan/atau virus. Penyebab ini juga cukup sering dijumpai. Biasanya terjadi setelah adanya luka pada bagian tertentu di mulut, bisa karena tergigit atau tertusuk sesuatu.
  2. Perubahan hormon tubuh. Penyebab yang satu ini lebih spesifik ke gender wanita. Perubahan hormon saat mestruasi atau hamil sangat berpotensi menyebabkan sariawan. Apalagi pada saat keadaan daya tahan tubuh sedang tidak stabil.
  3. Akibat efek samping obat atau cara pengobatan tertentu. Ada kalanya seseorang tidak cocok dengan obat atau cara pengobatan tertentu. Efek dari ketidakcocokan ini dapat berujung serangan sariawan secara tiba-tiba.
  4. Mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu. Penyebab sariawan yang satu ini lebih spesifik ke sifat alergi tubuh terhadap makanan atau minuman. Serangan sariawan dapat menimpa seseorang yang memiliki alergi terhadap beberapa makanan dan minuman.
  5. Penggunaan pasta gigi dengan kandungan natrium lauret sulfat. Pasta gigi yang mengandung zat ini dapat memicu timbulnya sariawan di lidah dan mulut. Sebisa mungkin gunakan pasta gigi herbal untuk yang pernah mengalami masalah ini.
Baca Juga :   Mudah Menghilangkan Kutu Rambut Dengan 6 Cara Alami Ini

Selain beberapa poin di atas, berhenti merokok setelah aktif juga dapat menjadi penyebab sariawan. Selain itu kondisi psikologis yang berada dalam tekanan dan stress juga sangat potensial menyebabkan sariawan. (souerce: dr. Marianti)

Dengan mengetahui penyebab sariawan yang umum menyerang remaja ini, kalian dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mengobati sariawan baik secara alami maupun dengan obat-obatan.

Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh sariawan yang menyerang kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.