Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya Dengan Benar

Penyebab Rambut Rontok – Sebenarnya kita tidak perlu takut dengan fenomena rambut rontok. Karena pada dasarnya semua orang pasti mengalami yang namanya rambut rontok. Bahakn menurut penelitian, setiap orang akan mengalami kerontokan rambut sebanyak 50 sampai 100 helai per hari.

Jika mendengan hitungan tersebut secara sekilas memang cukup menyerampakan. Bayangan pertama yang muncul di benak kita adalah kita akan mengalami kebotakan. Padahal pikiran tersebut tidaklah benar.

Dalam kondisi tubuh yang sehat dan normal, kita juga akan tetap mengalami kerontokan rambut. Tetapi kondisi tersebut juga akan diiringi dengan pertumbuhan rambut baru untuk menggantikan rambut yang rontok.

Lalu kenapa ada beberapa orang yang mengalami kerontokan rambut berakibat pada kebotakan?

Itu karena ada beberapa penyebab lain yang menjadikan rambut rontok semakin parah dan berlebihan. Penyebab rambut rontok inilah yang perlu kita ketahui dan antisipasi.

Penyebab Rambut Rontok

Ada cukup banyak penyebab rambut rontok yang membuat rambut rontok berlebihan. Dan rambut rontok berlebihan inilah yang sebenarnya dapat menimbulkan kebotakan.

Berikut ini beberapa penyebab rambut rontok yang harus kalian ketahui dan hindari kalau perlu. Supaya kalian juga dapat terhindar dari masalah kebotakan.

Mengalami Stres Belebih

Rambut yang kita miliki memiliki ini memiliki siklus kehidupan sendiri. Siklus tersebut memiliki tiga fase yang dilewati oleh rambut, yaitu: fase pertumbuhan, fase istirahat, dan fase rontok. Ketika kalian mengalami stres yang berlebihan, siklus ini dapat terpengaruh dan mengakibatkan fase tidak berjalan dengan baik.

Stres dapat meningkatkan kecepatan fase yang ada dalam siklus hidup rambut. Dari percepatan fase ini akan menyebabkan rambut kalian rontok lebih cepat.

Tanda rambut rontok yang dipengaruhi oleh stres adalah rambut rontok dari akar.

Ada Faktor Keturunan

Faktor kekturunan juga memegang peran penting terkait penyebab rambut rontok. Karena gen dari orang tua dapat diturunkan kepada anaknya, termasuk beberapa gangguan genetik yang dialami orang tua.

Baca Juga :   Cara Mengobati Sariawan Di Lidah Secara Mandiri Di Rumah

Resiko terserang rambut rontok secara berlebih akan semakin besar jika kedua orang tua juga mengamali masalah yang sama, yaitu rambut rontok.

Ciri-ciri dari rambut rontok yang disebabkan oleh faktor genetik adalah ketika rambut rontok akan digantikan dengan rambut baru, dimana rambut baru yang tumbuh tersebut kondisinya lebih tipis dan lebih halus. Hal ini disebabkan oleh folekul rambut yang semakin mengecil.

Mengalami Kelebihan Vitamin A

Vitamin memang bagus karena dibutuhkan oleh tubuh kita. Tetapi jika kadarnya berlebihan dan tersimpan di dalam tubuh hasilnya juga tidak akan baik.

Seperti keadaan kelebihan vitamin A yang dilansir oleh health.com dapat menyebabkan rambut rontok berlebihan.

Sumber vitamin A yang perlu kalian kontrol adalah suplemen vitamin A dan beberapa obat-obatan.

Mengalami Kekurangan Vitamin B

Jika kelebihan vitamin dapat menimbulkan rambut rontok berlebih, kekurangan vitamin juga dapat menyebabkan kerontokan rambut secara berlebih.

Unsur vitamin yang dapat menjadi penyebab rambut rontok adalah vitamin B. Tetapi masalah rambut rontok yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B ini relatif mudah ditangani.

Mengalami Kekurangan Protein

Protein adalah salah satu unsur yang sangat diperlukan tubuh. Protein berfungsi sebagai zat pembangun utama tubuh, termasuk juga sel rambut.

Kekurangan protein dapat menghambat pembentukan sel rambut yang membuat rambut tidak kuat dan gampang rontok.

Kekurangan protein dalam tubuh dapat disebabkan oleh kegiatan diet rendah protein bagi seseorang. Dan efeknya ke rambut rontok akan dirasakan 2 s.d. 3 bulan setelah pengurangan asupan protein tersebut.

Mengalami Anemia

Anemia atau kekurangan darah dapat memicu datangnya rambut rontok secara berlebih.

Hubungan antara anemia dengan kerontokan rambut adalah pada kuranganya zat besi atau asupan zat besi dalam tubuh. Zat besi bertugas membawa oksigen ke seluruh sel-sel tubuh melalui darah, termasuk juga ke bagian folikel rambut.

Kekurangan zat besi akan menghambat distribusi oksigen ke berbagai bagian sel tubuh, termasuk folikel. Dan akibatnya daya tahan dan kualitas rambuat akan menurun dan rentan terjadi rambut patah atau rambut rontok.

Mengalami Gangguan Kelenjar Teroid

Kelenjar teroid ini sangat berperan dalam proses metabolisme, pertumbuhan tubuh, dan perkembangan tubuh. Ketika kelenjar ini tidak bekerja secara baik, maka yang terjadi adalah proses-proses penting tersebut tidak tercapai fungsinya dengan sempurna.

Gangguan kelenjar teorid yang berpengaruh pada rambut adalah Hypoteroidisme. Gangguan ini disebabkan oleh kelenjar teroid yang bekerja tidak normal dalam memproduksi hormon untuk mendukung metabolisme tubuh. Dan salah satu gejalanya adalah kondisi rambut, kulit, dan kuku menjadi rapuh dan mudah patah.

Baca Juga :   Membuat Kulit Putih Permanen Dengan Ramuan Alami Bengkoang dkk

Memiliki Riwayat Penyakit Autoimun

Ketika autoimun bersifat hiper yang terjadi adalah beberapa bagian tubuh akan dianggak sebagai benda asing yang harus dihilangkan. Gangguan ini dalam dunia medis disebut dengan Alopecia Areata.

Ketika mengalami gangguan ini, partikel rambut yang disebut dengan folikel akan dianggap benda asing yang berbahaya dan harus dihilangkan. Akibatnya, folikel akan diserang sendiri oleh sistem kekebalan tubuh dan membuatnya semakin terkikis.

Rambut disusun oleh partikel sel folikel, jadi jika sel ini tidak dalam kondisi sehat tentu rambut akan mudah rontok dan patah.

Keadaan Kulit Kepala Tidak Sehat

Kulit kepala yang tidak sehat sangat berpotensi untuk memunculkan gangguan rambut rontok. Kulit kepala yang tidak sehat akan menimbulkan peradangan pada kulit kepada. Akibatnya, rambut akan sulit tumbuh dengan keadaan kulit seperti itu.

Penyebab kulit kepada tidak sehat antara lain karena serangan ketombe (jamur), dermatis seborik, dan psoriasi.

Terlalu Sering Menggunakan Hair Dryer

Penyebab rambut rontok ini akan sering dihadapkan dengan kaum wanita.

Penggunaan hair dryer yang terlalu sering dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan rambut. Dan jika rambut menjadi tidak sehat, masalah selanjutnya yang terjadi adalah rambut patah dan rambut rontok.

Aktivitas menata rambur dengan hair dryer dapat menghilangkan kelembaban alami rambut dan mengurangi kadar air yang ada di dalam rambut. Dan akhirnya rambut menjadi kering dan rusak. Terlebih lagi dapat menyebabkan rambut sulit tumbuh kembali.

Di antara penyebab-penyebab rambut rontok di atas, manakah yang sekiranya kalian sering alami? Jika sudah tahu penyebabnya, sekarang kalian dapat melakukan tindakan untuk mengatasi rambut rontok.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Ada beberapa tindakan yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Tindakan ini berdasarkan pada beberapa penyebab rambut rontok yang disebutkan di atas.

Karena Stress

Hindari segala hal yang dapat membuat kalian stress. Sugensti diri kaian untuk dapat selalu berfikir positif tentang sega keadaan yang kalian alami. Lakukanlah meditasi atau yoga untuk membantu menenangkan diri kalian.

Karena Faktor Keturunan

Untuk masalah kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor keturunan tidak bisa dihilangkan, tetapi untuk diperkecil resikonya ada caranya. Silahkan gunakan obat penumbuh rambut yang direkomendasikan oleh dokter kalian. Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut adalah Minoxidil dan Finasteride.

Karena Kelebihan Vitamin A

Selalu periksa kandungan vitamin A dari makanan atau suplemen yang akan kalian makan. Jangan sampai mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin A tinggi. Pilihlah suplemen dengan kandungan 20% kebutuhan vitamin A per hari dalam bentun beta karoten.

Baca Juga :   12 Cara Tepat Sebagai Obat Sakit Kepala Belakang

Karena Kekurangan Vitamin B

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B seperti daging, ikan, jagung, kentang, labu, kacang polong, ubi, dan lain-lain. Untuk buah-buahan pilih dengan kandungan lemak tinggi dan tidak dari golongan sitrus, contohnya alpukat dan kacang-kacangan.

Karena Kekurangan Protein

Cukupi kebutuhan protein sesuai standar. Dalam AKG Kemenkes RI, standar kebutuhan protein untuk perempuan adalah 59 gram per hari dan 62-66 gram untuk laki-laki per hari. Untuk non-vegetarian protein dapat diperoleh dari daging, ikan, telur, dan lain-lain. Untuk vegetarian protein dapat diperoleh melalui makanan dari kacang-kacangan dan sayur dan buah tinggi protein (alpukat, kurma, jambu biji, nangka, pisang, brokoli, jamur, kentang, jagung manis, dan lain-lain).

Karena Anemia

Untuk mengatasi rambut rontok yang disebabkan oleh anemia, kalian selesaikan dulu anemianya. Konsumsi suplemen yang mengandung biotin, silika, dan L-cysteine. Selain itu juga dengan mengkonsumsi makanan-makanan tinggi zat besi, seperti: sayuran hijau, daun bawang, kacang mede, bayam, buah-buahan kering, daging, dan lain-lain.

Karena Gangguan Kelenjar Teroid

Terkait dengan gangguan kelenjar teroid, sangat disarankan untuk periksa ke dokter. Karena nantinya adakan ada resep obat yang sesuai dengan keadaan kalian untuk membantu produksi hormon teroid tersebut.

Karena Gangguan Autoimun

Gangguan Autoimun juga diharuskan konsultasi ke dokter. Karena penanganan autoimun harus melalui pegawasan dokter.

Karena Kulit Kepala Tidak Sehat

Penyebab rambut rontok karena kulit kurang sehat dapat diatasi dengan menggunakan beberapa sampo yang dapat mengatasi masalah dermatitis seborik dan jamur. Jenis produk yang dapat kalian gunakan antara lain: sampo anti ketombe, zinc pyrithione, asam salisilat, selenium sulfida, ketoconazole, dan tar batubara.

Karena Penggunaan Hair Dryer

Gunakanlah kondisioner atau pelembab rambut sebelum kalian menggunakan hair dryer untuk menata rambut. Kondisoner akan membantu menjaga kadar air dan kelembaban rambut saat dipanaskan dengan hair dryer.

Beberapa masalah mungkin perlu kalian konsultasikan pada dokter agar mendapatkan tindakan penanganan yang tepat. Dengan begitu kalian akan menemukan cara mengatasi rambut rontok dengan tepat dan tanpa efek samping. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.