Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Itu Mudah

Misterje.com – Masalah gusi bengkak dapat menimbulkan rasa sakit yang lumayan terasa bagi penderitanya. Apalagi ketika digunakan untuk mengunyah makanan, rasanya seperti dipukul-pukul. Sehingga rasa nyaman dan enak saat makan sudah tidak bisa dirasakan lagi. Masalah gusi bengkak pada dasarnya hampir sama dengan masalah gigi sakit, rasa sakitnya hampir sama. Perbedaannya adalah lokasi yang terserang antara kedua masalah mulut ini. Gigi sakit yang dirasakan sakit ada di dalam gigi, karena adanya gangguan pada saraf-saraf gigi yang terbuka. Sedangkan gusi bengkak rasa sakitnya ada di bagian gusi (daging) tempat menempel gigi. Penyebab gusi bengkak biasanya karena adanya gigi berlubang yang menempatinya. Jadi dapat diperkirakan masalah gusi bengkak dan sakit gigi memiliki porsi yang sama. Jika sobat mengalami gusi bengkak sebaiknya segera dilakukan tindakan untuk mengobati gusi bengkak tersebut. Karena dapat dikhawatirkan jika dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan infeksi yang semakin parah.

Baca juga : Tips Memerahkan Bibir Permanen Dengan Bahan Alami

Penyebab lain dari masalah gusi bengkak adalah karena adanya plak yang menempel di gigi. Plak terbentuk dari sisa-sisa makanan yang lambat laun menumpuk dan semakin lengket, kemudian semakin lama bisa mengeras dan membuat karang gigi. Oleh karena itu perlu sekali menjaga kebersihan mulut dan semua bagian di dalamnya. Pencegahan sangat disarankan supaya terhindar dari berbagai jenis masalah pada mulut, seperti gusi bengkak dan sakit gigi yang paling umum ditemui. Untuk informasi pencegahan masalah pada mulut selengkapnya dapat dibaca disini.

Baca Juga :   Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Dengan Daun Jambu

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Tetapi bagi sobat yang sudah terlanjur mengalami masalah gusi bengkak, jangan khawatir. Karena ada solusi di setiap masalah, ada obat di setiap sakit. Untuk mengobati gusi bengkak, sobat tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal dengan membeli obat medis di apotek atau pergi ke dokter. Sobat sendiri bisa mengobati gusi berlubang tanpa bantuan siapapun. Caranya adalah dengan memanfaatkan bahan alami yang mudah di dapat dan murah. Bahan alami untuk mengobati gusi bengkak itu ada banyak. Beberapa bahan alami yang paling banyak direkomendasikan akan kami share di bawah ini.

Kantung Teh dan Ampas Teh

Asam Tannic yang terkandung di dalam kantung teh sachet berdasarkan penelitian sangat manjur untuk meringankan dan mengobati infeksi gusi dan iritasi yang dialami gusi, sehingga gusi bengkak dapat berangsur-angsur pulih. Cara menggunakannya rendam kantung teh ke dalam air panas sampai air berubah warna (menjadi teh). Kemudian angkat kantung teh tadi dan biarkan sampai kantung teh dingin dengan sendirinya. Setelah dingin, tempelkan kantung teh ke bagian gusi yang bengkak secara perlahan. Diamkan selama kurang lebih 5 menit kemudian angkat. Lakukan berulang-ulang dengan interval waktu per 5 menit (5 menit ditempelkan, 5 menit diangkat). Lakukan tips ini setidaknya 2 kali sehari di pagi dan malam hari. Lakukan sampai gusi bengkak benar-benar sembuh dan tidak sakit lagi.

Baca Juga :   Cara Menjaga Kesehatan Sendi Yang Perlu Anda Lakukan

Baca juga : Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Menggunakan Jeruk Nipis

Madu Asli

Madu alami atau madu asli memiliki sifat antiseptik dan anti bakterial. Sifat ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati gusi bengkak secara alami. Pengobatan dilakukan setelah sikat gigi dengan mengoleskan sedikit demi sedikit madu asli pada bagian gusi yang bengkak. Ingat ya, sedikit demi sedikit sampai merata saja, JANGAN terlalu banyak. Karena madu memiliki rasa manis yang tajam, bagi gigi apalagi gigi sensitif rasa manis itu dapat menimbulkan rasa ngilu yang luar biasa. Lakukan tips ini sehari 2 kali di pagi dan malam hari sampai gusi bengkak benar-benar hilang.

Bawang Merah

Bawang merah memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa nyeri dan sakit pada gusi bengkak dan gigi sakit. Bawang merah banyak direkomendasikan untuk meredakan gusi bengkak. Cara pemakaiannya pun tidak sulit, haluskan bawang merah 1 siung. Kemudian tambahkan garam dapur sedikit dan campur sampai merata. Setelah jadi segera oleskan campuran tadi pada bagian gusi yang bengkak secara perlahan dan merata. Biarkan sekurangnya 5 menit sampai campuran meresap ke gusi. Setelah itu silahkan berkumur dengan air hangat untuk membersihkannya. Lakukan tips ini sehari sekali di malam hari setelah gosok gigi sampai gusi bengkak sembuh.

Minyak Cengkeh Asli dan Murni

Ini adalah bahan alami penyembuh gusi bengkak yang paling manjur dan terkenal. Biasanya hanya perlu waktu 3 s.d. 4 hari saja untuk menyembuhkan gusi bengkak. Sebelum menggunakannya, sobat harus pastikan dulu ya keaslian dari minyak cengkeh tersebut. Karena bahan ini memang lumayan sulit didapat dan harganya lumayan. Penggunaannya 2 kali sehari di pagi dan malam hari setelah gosok gigi. Oleskan secara langsung ke bagian gusi yang bengkak dan biarkan saja.

Baca Juga :   Tips Mengatasi Ambeien dengan Perilaku Sehari-Hari

Larutan Garam Dapur

Bahan ini dapat dibilang bahan tertua untuk mengobati masalah mulut, seperti gusi bengkak. Cara penggunaannya cukup dilarutkan 1 sendok teh garam dapur dengan segelas air hangat. Gunakan berkumur-kumur selama minimal 1 menit dan fokuskan pada bagian gusi yang bengkak. Sobat dapat lakukan tips ini minimal 3 kali sehari agar gusi bengkak cepat sembuh.

Baca juga : Cara Memutihkan Kulit Dalam Waktu Semalam Secara Alami

Nah itu tadi bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak secara alami. Sebenarnya masih banyak lagi bahan-bahan alami yang berpotensi untuk obat gusi bengkak. Jika bahan-bahan yang sudah kami sebutkan tersebut belum bisa menyembuhkan masalah gusi bengkak sobat, kami akan tambahkan bahan-bahan lainnya nanti. Silahkan tulis pengalaman sobat di kolom komentar dan selamat mencoba ya. Semoga sehat selalu !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.