Ingin Memperbanyak ASI, Konsumsi Makanan Ini

Misterje.com – ASI merupakan makanan pokok yang diperlukan oleh balita. Oleh karena itu penting dilakukan oleh ibu untuk menjaga kualitas ASI yang akan diberikan kepada anak. ASI mengandung senyawa-senyawa alami yang dapat meningkatkan antibodi anak dalam melawan segala macam penyakit. Sampai saat ini belum ada susu formula yang kekuatan dan kebaikannya menyamai ASI. ASI diproduksi oleh tubuh seorang ibu secara otomatis sebagai respon terhadap hormon dalam darah. ASI akan mulai diproduksi dan keluar ketika seorang wanita telah melahirkan. Biasanya ASI akan keluar 3 sampai 4 hari setelah melahirkan bagi wanita yang baru pertama melahirkan. Tetapi untuk wanita yang sudah pernah melahirkan biasanya ASI akan langsung keluar pasca melahirkan. | Ingin Memperbanyak ASI, Konsumsi Makanan Ini.

Pada masa menyusui, kendala pertama yang sering terjadi adalah keluarnya ASI tidak banyak. Masalah ini umum dialami oleh wanita yang baru pertama melahirkan. Tetapi juga tidak menutup kemungkinan masalah ini terjadi pada wanita yang telah beberapa kali melahirkan. Pemicu kurangnya pasokan ASI bermacam-macam, bisa terjadi karena kurang baiknya pola makan sang ibu. Nah, untuk menjaga agar pasokan ASI tetap tercukupi dan kualitas ASI juga baik, maka ibu harus senantiasa memperhatikan pola makan yang baik.

Kelompok Makanan untuk Memperbanyak ASI

Untuk sobat ibu-ibu menyusui di seluruh dunia, jika mengalami masalah ASI kurang banyak dan sering tidak keluar jangan panik dan khawatir. Masih ada cara untuk memperbanyak ASI dan menjaga kualitasnya dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Berikut ini kami ulas beberapa makanan yang tepat dikonsumsi oleh ibu menyusui karena dapat meningkatkan produksi ASI. Berikut ini daftar kelompok makanan yang dapat dikonsumsi sebagai langkah memperbanyak ASI.

Baca Juga :   Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Dengan Daun Jambu

Sayuran Hijau Tua

Segala macam sayuran hijau tua sangat baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Karena sayuran yang berwarna hijau tua kaya akan nutrisi dan kandungan kalsium, folat, betakaroten, dan riboflavin yang tinggi. Selain itu sayuran hijau mayoritas mengandung zat besi cukup bahkan tinggi. Dan menurut penelitian terkini, ibu menyusui yang kekurangan zat besi dapat menurunkan produksi dan suplai ASI. Sayuran hijau tua yang dimaksud seperti: Bayam, brokoli, kangkung, dll.

Bawang Putih

Sebuah penelitian membuktikan bahwa bawang putih efektif meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Bahkan kesimpulan dari penelitian itu menyebutkan, bayi akan lebih lama menyusu setelah ibu mengkonsumsi makanan dengan pelengkap bawa putih. Tetapi penelitian ini masih memerlukan tindak lanjut ke penelitian lainnya. Karena ada yang menyebutkan bawang putih dapat menyebabkan bayi menjadi kolik.

Baca Juga :   9 Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Kurma

Kurma mengandung zat yang baik untuk ASI. Contohnya kalsium, zat ini mampu menaikkan prolaktin, di mana prolaktin merupakan hormon yang berfungsi membantu tubuh untuk menghasilkan ASI setelah melahirkan. Selain itu serat yang tinggi pada kurma juga memberikan dampak yang signifikan dalam kuantitas ASI yang dihasilkan oleh ibu menyusui. Jadikan kurma sebagai cemilan dalam waktu senggang selama menyusui, agar kuantitas ASI tetap terjaga.

Gandum

Gandum dikenal sebagai makanan yang mengandung serat tinggi. Dengan kandungan itu produksi ASI akan meningkat dan mencukupi kebutuhan konsumsi si kecil. Selain serat, gandum juga kaya akan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tidak mengalami anemia. Anemia merupakan salah satu faktor utama penyebab menurunnya suplai ASI. Masalah ini umum dialami oleh ibu baru yang pertama melahirkan. Oleh karena itu penting sekali untuk mengkonsumsi makanan tinggi zat besi.

Ikan Salmon

Ikan Salmon memiliki kandungan DHA yang sangat tinggi. Ibu menyusui disarankan untuk mengkonsumsi ikan ini untuk meningkatkan kualitas ASI. Dengan kualitas ASI yang baik, maka anak akan lebih lama menyusu dan terjaga kesehatannya. Salmon ini dijadikan makanan penunjang dalam meningkatkan kualitas ASI.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung serat yang tinggi. Selain baik untuk pencernaan ibu, serat ini juga membantu meningkatkan prolaktin sehingga produksi ASI meningkat. Segala macam kacang-kacangan baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Baca Juga :   Jenis Makanan Yang Dapat Mengurangi Asam Urat Dalam Darah

Jika sobat sudah mengkonsumsi dari jenis makanan di atas tetapi kuantitas ASI masih sedikit bisa mencoba beberapa tips di bawah ini. Tips ini digunakan untuk merangsang produksi ASI dari luar dan tingkah laku. Sehingga produksi ASI akan banyak dengan sendirinya.

  • Meningkatkan intensitas menyusui dalam 2 s.d. 4 hari.
  • Meningkatkan durasi salam satu kali menyusui.
  • Saat menyusui habiskan terlebih dahulu satu sisi sebelum pindah ke sisi satunya.
  • Jaga kondisi santai saat sedang menyusui.
  • Hindari rokok, minuman dan makanan berkafein, obat-obatan tertentu, alkohol.
  • Hidari penggunaan botol untuk memberikan ASI kepada anak.
  • Hindari stress dengan istirahat cukup dan mengkonsumsi makanan yang seimbang.
  • Perbanyak minum air putih.

Jika sobat mengalami masalah ASI tidak lancar setelah melahirkan jangan panik dulu. Lakukan beberapa cara di atas, Inshaallah akan berhasil mengeluarkan ASI dengan kuantitas yang cukup dan kualitas yang baik. Demikian tips kali ini tentang cara memperbanyak ASI, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.