Jenis Makanan Yang Dapat Mengurangi Asam Urat Dalam Darah

Misterje.com ~ Asam urat adalah salah satu penyakit yang saat ini sudah umum ditemui di masyarakat. Asam urat pada hakikatnya memang sudah ada di dalam tubuh manusia. Akan tetapi masalahnya adalah ketika kadar asam urat di dalam darah tersebut meningkat di luar biasanya. Akibatnya tentu banyak fungsi organ tubuh tiak dapat berfungsi dengan normal. Penyakit ini belakangan ditakuti oleh banyak orang, karena intesitas seseorang terserang penyakit ini sangat tinggi dan sangat mudah. Serangan asam urat biasanya ditandai dengan terasa pegal dan nyeri pada bagian-bagian pembulu arteri dan lama kelamaan akan menyebar ke seluruh tubuh. Sehingga tindakan untuk mengurangi asam urat dalam darah perlu dilakukan.

Baca juga : Tips Membersihkan Kuku Dengan Bahan Alami

Banyak hal dilakukan oleh orang untuk menanggulangi serangan asam urat pada dirinya. Mulai dari bergaya hidup sehat sampai dengan melakukan pengobatan modern untuk melakukan pencegahan serangan asam urat. Tetapi perlu diketahui setiap orang bahwa penyakit asam urat tersebut lebih banyak disebabkan oleh gaya hidup, terutama soal makan yang tidak diperhatikan. Tidak semua makanan baik untuk tubuh kita, apalagi yang dikonsumsi secara berlebihan. Jika kita sudah terindikasi akan serangan asam urat, ada beberapa makanan yang seharusnya tidak dikonsumsi atau bahkan dilarang, karena makanan tersebut termasuk makanan yang dapat memperparah asam urat. Dilakukan pelarangan konsumsi makanan tersebut tentu ada alasannya, yaitu untuk mengurangi kadar asam urat yang sudah tidak stabil di dalam darah.

Baca Juga :   Makanan Penyebab Jerawat Yang Harus Dikontrol

Jenis Makanan Yang Dapat Mengurangi Asam Urat Dalam Darah

Berbicara tentang asam urat dan makanan, ada  beberapa makanan yang tidak disarankan atau bahkan dilarang untuk dikonsumsi karena dapat memperparah asam urat. Tetapi banyak juga makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi karena dapat mengurangi kadar asam urat yang ada di dalam darah. Sebagai informasi untuk Anda berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat mengurangi kadar asam urat di dalam darah (Dr. Oz Indonesia).

Makanan untuk Mengurangi Asam UratBuah Semangka

Semangka adalah salah satu buah yang dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah. Karena semangka memiliki kandungan air yang tinggi. Dengan mengkonsumsi semangka secara teratur maka penumpukan asam urat di pembulu darah akan mudah untuk dilarutkan dan dikeluarkan bersamaan dengan air kencing. Mengkonsumsi semangka juga akan meningkatkan intensitas kencing yang akan mengeluarkan purin. Sehingga kadar asam urat di dalam darah akan berkurang dan berangsur stabil. Selain itu semangka mengandung beberapa zat fitokimia dan gizi yang dapat mengobati asam urat.

Buah Apel

Buah apel mengandung berbagai nutrisi yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh. Selain itu buah apel juga memiliki kandungan purin yang sangat sedikit. Dimana zat purin adalah pengusung pertama meningkatnya kadar asam urat. Selain itu kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah apel dapat membantu menurunkan asam urat.

Baca Juga :   3 Cara Mudah Menghilangkan Kantung Mata Panda Secara Alami

Air Putih

Meskipun hanya air putih yang tak berasa, tetapi manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengurangi dan mengobati asam urat. Menurunnya kadar air di dalam tubuh atau yang lebih dikenal dengan nama dehidrasi akan menyebabkan meningkatnya kadar asam urat. Oleh karena itu penting sekali untuk menjaga kadar air dalam tubuh untuk mengurangi asam urat yang meningkat. Air putih membantu menjaga kadar air dalam tubuh supaya tidak terjadi dehidrasi. Selain itu air putih adalah minuman yang sangat rendah purin, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Air putih juga akan meningkatkan sirkulasi di dalam tubuh dan melarutkan penumpukan asam urat kemudian mengeluarkannya bersama air kencing.

Oat Meal

Oat meal sebenarnya termasuk ke dalam makanan yang mengandung purin sedang. Hanya saja beberepa zat lain yang terkandung di dalam oat meal dapat membantu mengurangi asam urat di dalam darah. Mengkonsumsi oat meal setiap pagi dengan cukup dapat membantu mengeluarkan purin melalui air kencing dan keringan. Sehingga kadar purin yang menjadi penyebab utama asam urat dapat distabilkan.

Buah Pisang

Buah pisang adalah salah satu buah paling  umum dan paling sering kita jumpai. Dan ternyata buah pisang dapat membantu mengurangi asam urat di dalam tubuh. Pisang mengandung zat kalium yang sangat tinggi, dan zat kalium tersebut dapat mengikat asam urat dan mengeluarkannya melalui air kencing. Sehingga buah pisang ini sangat baik sekali untuk dikonsumsi penderita asam urat.

Baca Juga :   Kulit Awet Muda Dengan Pemakaian Masker Kopi

Ikan Salmon

Ikan salmon memilikikadar purin yang sangat rendah, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi penderita asam urat. Mengkonsumsi ikan salmon dengan moderasi yang tepat dapat membantu mengurangi kadar asam urat dan mengeluarkan purin melalui air kencing dan keringat.

Baca juga : Menghilangkan Noda Bekas Jerawat Dengan Jagung

Mungkin masih banyak lagi jenis makanan yang dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah yang belum disebutkan. Intinya adalah untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung purin rendah, vitamin C, kandungan air tinggi, kalium tinggi, dan lain-lain. Serta diatur untuk porsi makannya, jangan sampai berlebihan. Karena makanan yang sehat akan menjadi bencana jika dikonsumsi secara berlebihan.

Demikian ulasan kali ini tentang Jenis Makanan Yang Dapat Mengurangi Asam Urat Dalam Darah. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.