Cara Menjaga Kesehatan Sendi Yang Perlu Anda Lakukan

Misterje.com – Memiliki sendi yang sehat adalah dambaan setiap orang. Terlebih bagi sobat yang sudah berumur. Masalah pada sendi sering menjadi hambatan untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Seperti masalah sendi yang sering kita dengar bahkan dialami oleh beberapa orang, yaitu sendi nyeri atau nyeri sendi. Masalah ini dapat menyerang siapa saja dan kapan saja, apalagi ketika sobat tidak memperhatikan beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya nyeri sendi. Selain nyeri sendi, masalah lain yang dapat terjadi pada persendian adalah radang sendi. Masalah ini juga tergolong serius, apalagi jika penderitanya sudah berumur. Permasalahan yang umum dialami oleh orang usia lanjut ini ternyata juga dapat terjadi pada sobat yang masih muda. Kombinasi dari masalah radang sendi ini adalah nyeri sendi yang dapat menyebabkan seseorang tidak bisa melakukan apa-apa. Selain itu masih banyak lagi masalah pada persendian yang dapat dialami oleh seseorang. Oleh karena itu kita perlu cara yang tepat untuk menjaga kesehatan sendi, agar masalah persendian dapat kita antisipasi sejak muda.

Cara Tepat Menjaga Kesehatan Sendi yang Perlu Sobat Ketahui

Kesehatan seni dapat kita persiapkan sejak dini, ketika kita masih muda. Karena mencegah adalah tindakan yang jauh lebih baik daripada mengobati. Dalam hal penyakit sendi, lebih baik kita mencegahnya daripada mengobatinya. Karena mengobati penyakit sendi tidaklah mudah dan cepat. Jadi pilihlah pencegahan daripada pengobatan. Nah, bagi sobat yang ingin menjaga kesehatan sendi untuk menghindari beberapa serangan masalah persendian, berikut ini kami ada tips bagaimana cara menjaga kesehatan sendi dan apa yang harus dilakukan.

Baca Juga :   Menghilangkan Noda Bekas Jerawat Dengan Masker Jagung

Menjaga Berat Badan Pada Posisi Ideal

Hal pertama yang perlu soba ketahui dan lakukan adalah menjaga berat badan pada posisi ideal, baik untuk laki-laki maupun perempuan. Alasannya adalah dengan berat badan yang ideal makan daya topang yang diperlukan oleh sendi untuk menopang tubuh kita juga tidak terlalu berat. Misalkan sendi lutut, jika berat badan kita ideal, kinerjanya juga tidak akan terlalu berat. Lain halnya jika berat badan kita over, kinerja sendi lutut akan lebih keras dan menguras nutrisi sendi karena berat yang ditanggung sendi melebih normal. Jadi sebisa mungkin jaga berat badan pada posisi ideal ya !

Lakukan Peregangan Sendi Secara Teratur

Melakukan aktivitas peregangan pada sendi dapat membantu menjaga kelenturan otot-otot persendian. Dengan keleturan otot sendi yang terjaga, persendian akan tetap sehat dan aman untuk melakukan segala macam kegiatan. Gerakan peregangan untuk persendian sudah banyak diajarkan secara online melalui video-video. Silahkan diikuti dengan benar dari instruktur agar tidak salah urat. Lakukan peregangan sendi secara teratur setiap hari agar sendi sobat tetap sehat. Ini adalah salah satu cara menjaga kesehatan sendi yang murah dan dapat dilakukan sendiri.

Menjaga Posisi Tubuh Saat Berdiri, Berjalan, dan Duduk

Menjaga posisi tubuh agar tetap tegak saat berdiri, berjalan, dan duduk akan membantu persendian sobat tetap sehat. Alasannya, dengan posisi tubuh yang tegap dan benar saat berdiri, berjalan, dan duduk akan membagi beban tubuh merata di semua simpul. Dengan begitu tidak akan ada bagian persendian yang menerima beban lebih. Jadi sobat-sobat yang suka duduk sembarangan sebaiknya segera dihentikan ya, segera benarkan posisi tubuh saat duduk.

Baca Juga :   Pemakaian Krim Malam Untuk Ibu Hamil Aman Atau Tidak?

Atur Posisi Dengan Benar Saat Angkat Beban

Nah ini tips untuk yang suka angkat-angkat barang ya. Perlu diperhatikan posisi mengangkatnya, jangan sampai beban dari benda yang diangkat tertumpu semua dalam satu simpul sendi. Bisa-bisa nanti malah menyebabkan cidera sendi. Harus diperhatikan posisi beban yang akan diangkat dan atur dengan benar, agar persendian kita tetap aman.

Berolahraga Secara Teratur

Olahraga memang memberikan manfaat kesehatan untuk semua organ tubuh kita. Dengan berolahraga secara teratur kita akan merasakan tubuh kita semakin sehat dan enak untuk melakukan segala aktivitas. Nah, terkait tips untuk menjaga kesehatan sendi, olahraga yang paling tepat adalah aerobik dan berenang. Jadi lakukan kedua olahraga ini rutin seminggu 2 sampai 3 kali untuk tetap menjaga kelenturan persendian sobat.

Jaga Porsi Istirahat yang Cukup

Kurang istirahat memang terbukti dapat mengganggu beberapa organ tubuh kita. Termasuk juga bagian persendian kita yang tersebar hampir di seluruh tubuh kita. Untuk menjaga kesehatan sendi sebaiknya sobat tetap menjaga porsi istirahat pada posisi normal. Karena kurang istirahat dapat menghambat proses pembentukan hormon yang berperan dalam pelumasan persendian. Akibatnya sendi kekurangan pelumas dan akan sering nyeri. Jadi tetap jaga porsi istirahatnya agar persendian sobat tetap sehat.

Baca Juga :   Tips Mengatasi Ambeien dengan Perilaku Sehari-Hari

Berendam di Air Hangat

Jika memang sobat sudah merasa nyeri-nyeri di beberapa titik persendian, ada baiknya sobat segera melakukan pengobatan. Alangkah baiknya pengobatan dengan memanfaatkan bahan alami dulu ya. Salah satu cara alami untuk mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri sendi adalah dengan berendam di air hangat. Air hangat akan merileksasi otot dan persendian sobat, sehingga kontraksi otot menjadi longgar dan nyeri sendi pun berangsur menghilang.

Jaga Asupan Suplemen dan Nutrisi untuk Sendi

Pola makan yang benar dan menjaga asupan yang diperlukan oleh persendian adalah cara yang tepat dan terbaik untuk menjaga kesehatan sendi. Konsumsi makan yang banyak mengandung kalsium, glucosamine, dan chondroitine. Biasanya nutrisi ini ada di bahan makanan sayuran dan susu. Jadi perlu diperhatikan sekali soal makanan agar nutrisi yang diperlukan oleh persendian kita dapat tercukupi.

Nah itulah beberapa cara menjaga kesehatan sendi yang dapat kami bagikan kali ini. Semoga dapat menambah pengetahuan bagi sobat dan mulai sekarang lebih memperhatikan apa-apa yang tetap untuk kesehatan sendi. Agar nanti ketiak sudah berumur kita tidak akan mengalami masalah persendian seperti nyeri sendi dan rematik. Semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.