Cara Mengobati Sariawan Di Lidah Secara Mandiri Di Rumah

Cara Mengobati Sariawan Di Lidah – Sariawana dalah salah satu masalah yang dialami oleh bagian mulut. Bagian mulut yang sering terserang sariawan seperti bibir bagian dalam, pipi bagian dalam, lidah, bahkan gusi. Dan penyebab sariawan menyerang pun cukup bervariatif.

Penyebab sariawan secara umum dibedakan menjadi 2, yaitu penyebab sariawan non infeksi jamur dan penyebab sariawan infeksi jamur. Kedua penyebab sariawan ini memiliki cara penanganan dan pengobatan yang berbeda.

Pada masalah sariawan di lidah, penyebab yang sering dialami oleh penderita adalah karena infeksi jamur di mulut. Kejadian ini dikenal secara medis dengan istilah oral thrush.

Sariawan di lidah yang disebabkan oleh infeksi jamur dapat dikenali secara kasat mata. Bentuknya seperti luka di lidah sebagian atau seluruhnya dengan ditutupi selaput berwarna keputihan.

 

Cara Mengobati Sariawan Di Lidah Secara Mandiri

Untuk mengobati sariawan di lidah yang disebabkan oleh infeksi jamur diperlukan obat anti jamur. Obat anti jamur tersebut akan membatu menghentikan pertumbuhan jamur yang menjadi penyebab infeksi.

Baca Juga :   Ingin Memperbanyak ASI, Konsumsi Makanan Ini

Obat anti jamur yang aman digunakan untuk pengobatan sariawan di lidah ada 2 bentuk, yaitu obat sariawan tablet dan obat sariawan cair. Secara sistemik kedua bentuk obat ini memiliki fungsi yang sama.

Ada banyak obat sariawan di mulut yang dapat dipilih. Untuk obat sariawan tablet dapat memilih obat anti jamur clomatrizole. Cara penggunaannya dengan cara dikunyah dan dibiarkan larut sendiri di dalam mulut.

Sedangkan untuk obat sariawan cair dapat menggunakan obat anti jamur nystatin. Cara penggunaannya dengan cara digunakan berkumur dan didiamkan sebentar di dalam mulut, kemudian ditelan.

Obat lain yang dapat dimanfaat untuk menghentikan pertumbuhan jamur di dalam mulut adalah fluconazole dan itraconazole. Kedua obat ini harus melalui resep dokter untuk mendapatkannya.

Selain melakukan pengobatan, sebaiknya kalian juga harus melakukan perawatan yang lebih ketika terserang sariawan di lidah. Tujuan dari perawatan ini adalah untuk mengurangi rasa sakit dan membantu proses penyembuhan.

 

Cara Perawatan Sariawan Di Lidah

Untuk menunjang penyembuhan, perawatan ini sangat dianjurkan. Perawatannya tidak sulit, tidak memakan banyak biaya, dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Berikut ini beberapa cara untuk dilakukan di rumah.

Baca Juga :   Mengatasi Jerawat Batu Dalam 1 Hari Menggunakan Bahan Alami

Rutin sikat gigi minimal 2 kali sehari

Dengan menyikat gigi, kebersihan bagian dalam mulut akan cukup terjaga. Disarankan juga menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau sikat gigi. Usahakan agar lebih sering mengganti sikat gigi ketika mengalami infeksi jamur di mulut.

Hentikan dulu penggunaan obat kumur umum atau spray

Tujuannya adalah agar pertumbuhan flora normal di mulut dapat dihindari. Tindakan ini terkecuali jika ada rekomendasi dari dokter setelah periksa.

Berkumurlah dengan air larutan garam

Air garam dapat membantu membunuh bakteri dan jamur yang ada di dalam mulut. Larutkan 1/2 sendok teh garam (beryodium lebih baik) ke dalam secangkir air hangat. Aduk sampai benar-benar larut dan gunakan untuk berkumur beberapa saat kemudian muntahkan. Lakukan tindakan ini beberapa kali dalam sehari.

Perbanyak minum air putih

Dianjurkan untuk air putih hangat. Tetapi jika merasakan sakit sebaiknya gunakan air putih suhu normal saja.

Baca Juga :   Memutihkan Kulit Wajah Menggunakan Masker Pisang

Makan makanan yang lebut

Dengan memilih makan yang lembut akan mempermudah kalian dalam mengunyah dan menelannya. Sihingga rasa sakit karena sariawan dapat cukup terhindarkan.

Konsumsi yogurt tanpa pemanis

Fungsinya untuk mengembalikan kadar bakteri baik dalam tubuh. Yogurt harus bebas dari pemanis dan mengandung bakteri Lactobacillus acidophilus.

Hindari sementara makanan dengan kadar gula dan ragi tinggi

Tindakan ini bertujuan untuk menghambat perkembangan jamur. Hindari dulu makan dari jenis roti, bir, wine, dan makanan fermentasi lainnya.

Tindakan-tindakan di atas dilakukan untuk sekedar mengurangi rasa sakit dan menghambat infeksi jamur. Untuk pengobatan tetap harus dilakukan. Dan jika sariawan tak kunjung sembuh dalam beberapa hari, sangat dianjurkan untuk periksa ke dokter. (alodokter.com: dr. Kevin Adrian)

Demikian tips kali ini tentang Cara Mengobati Sariawan Di Lidah Secara Mandiri. Semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.