5 Perilaku untuk Mengobati Asam Lambung Naik Rekomendasi Dokter

Mengobati Asam Lambung Penderita asam lambung pasti sudah tahu bagaimana rasanya jika salah satu gangguan lambung ini menyerang. Rasa nyeri di ulu hati sampai rasa panas yang dirasakan di sekitar dada sampai tenggorokan yang paling umum dirasakan. Gejala asam lambung inilah yang paling sering menjadi ciri-ciri asam lambung naik.

Gangguan pencernaan yang berhubungan dengan asam lambung ada beberapa. 2 gangguan yang sering kita dengar dan dialami beberapa orang adalah GERD dan fefluks asam lambung.

Gejala dari kedua gangguan lambung ini hampir sama, tetapi sebenarnya efek dan sifatnya sangatlah berbeda. Dan yang sering kita anggap sebagai penyakit asam lambung adalah GERD (gastroesophageal reflux disease).

Cara Mengobati Asam Lambung Naik Yang Jadi Rekomendasi

Penyakit asam lambung (GERD) disebabkan oleh otot cincin (sfingter) lambung yang sudah tidak berfungsi dengan normal. Banyak penyebab yang membuat otot cincin ini sudah tidak dalam keadaan normal lagi.

Mengatasi asam lambung dengan obat-obatan pada dasarnya hanya membantu meredakan gejala asam lambung dan mencegahnya kambuh lagi, bukan untuk mengembalikan keadaan otot cincin di lambung tersebut. Karena sampai saat ini belum ada obat-obatan yang dapat mengembalikan keadaan otot cincin kembali normal.

Untuk mengobati asam lambung dapat dilakukan dengan menggunakan obat yang di jual di apotik. Selain itu, mengobati asam lambung juga dapat dilakukan dengan mengatur 5 perilaku yang sering dilakukan sehari-hari.

Baca Juga :   Tips Membersihkan Kuku Dengan Dua Bahan Alami Mudah Didapat

Obat Asam Lambung Di Apotik

Obat asam lambung di apotik cukup banyak variannya. Ada yang yang dapat dibeli langsung tanpa resep dokter dan ada yang harus menggunakan resep dokter.

Berikut ini obat-obat asam lambung di apotik yang dapat dibeli langsung tanpa resep dokter meliputi:

  • Varian Antasida: Mylanta®, Malox®, Rolaids®, Gaviscon®, Gelusil®, dan Tums®.
  • H-2 Receptor Blockers: Cimetidine (Tagamet®), Nizatidine (Axid AR®), Ranitidine (Zantac®), dan Famotidine (Pepcid®).
  • Proton Pump Inhibitors (PPIs): Omeprazole (Prilosec®) dan Lansoprazole (Prevacid 24 HR®).

Sedangkan varian obat-obat asam lambung di apotik yang perlu resep dokter untuk mendapatkannya meliputi:

  • H-2 Receptor Blockers Dengan Resep: Famotidine (Pepcid®), Nizatidine (Axid®), Cimetidine (Tagamet HB200®), dan Ranitidine (Zantac®).
  • Proton Pump Inhibitors (PPIs) Dengan: Esomeprazole (Nexium®), Lansoprazole (Prevacid®), Omeprazole (Prilosec, Zegerid®), Pantoprazole (Protonix®), Rabeprazole (Aciphex®), dan Dexlansoprazole (Dexilant®).
  • Obat penguat sfingter esofagus bagian bawah: Baclofen (Lioresal®). Efek samping dapat menyebabkan kelelahan atau mual.

Dalam mengobati asam lambung menggunakan obat-obat asam lambung dari apotik harus selalu memperhatikan petunjuk penggunaan yang disertakan di dalam setiap produk. Baik itu untuk obat yang dapat dibeli tanpa resep dokter maupun dengan resep dokter.

Cara mengatasi asam lambung kabuh tidak harus selalu menggunakan obat-obatan. Mengobati asam lambung juga dapat dilakukan dengan mengatur beberapa perilaku kita sehari-hari. Atau dapat dibilang, cara ini juga sebagai langkah pencegahan penyakit asam lambung.

Baca Juga :   Jenis Makanan Yang Dapat Mengurangi Asam Urat Dalam Darah

5 Perilaku untuk Mengobati Asam Lambung Naik

Perilaku-perilaku yang menjadi titik fokus untuk mengobati asam lambung berkaitan erat dengan makanan dan perilaku makan.

Ada beberapa makanan yang perlu dihindari oleh orang yang memiliki riwayat penyakit asam lambung. Karena makanan penyebab asam lambung tersebut dapat meningkatkan potensi naiknya asam lambung dengan cepat.

Dan ada juga makanan yang sangat disarankan untuk penderita penyakit asam lambung. Makanan ini akan membantu penderita untuk mengurangi gejala asam lambung dan mencegahnya kambuh lagi.

Berikut ini beberapa perilaku yang perlu kalian lakukan untuk membantu mengatasi asam lambung kambuh.

  1. Atur Pola Makan Lebih Teratur. Banyak dari kita menyepelekan pola makan ini. Padahal, penyebab terbesar dari penyakit asam lambung adalah karena salahnya pengaturan pola makan. Mulailah untuk mengatur pola makan menjadi lebih baik. Buatlah jadwal makan dengan jam yang sama setiap hari (3 x makan/hari). Jangan tidur setelah makan sebelum jeda waktu minimal dua jam setelahnya.
  2. Hindari Ngemil Di Antara Waktu Makan. Menjadi kebiasaan hampir setiap orang, nyemil di antara waktu makan ternyata tidak baik untuk penderita asam lambung. Karena kerja pencernaan akan lebih berat dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna. Lambung akan selalu penuh karena mendapatkan masukan selama ngemil.
  3. Atur Porsi Makan. Jangan dibiasakan makan dengan porsi yang besar (berlebihan). Untuk penderita asam lambung disarankan untuk makan dengan porsi kecil, tetapi durasinya ditambah (misal sehari empat kali).
  4. Mengunyah Makanan Dengan Benar. Sering diabaikan tetapi efeknya untuk mengatasi asam lambung sangat tinggi. Mengunyah makanan dengan benar akan membuat makanan yang masuk ke lambung lebih halus. Dengan begitu, asam lambung tidak begitu berlebihan dalam proses pencernaan. Sehingga naiknnya asam lambung yang menyebabkan GERD dapat dicegah.
  5. Jangan Minum Air Terlalu Banyak Saat Makan. Efek dari banyaknya asupan air yang masuk ketika makan adalah mencairnya asam lambung dan melemahkan fungsinya untuk proses pencernaan makanan. Hasilnya, makanan yang masuk ke lambung akan lebih sulit dicerna karena asam lambung melemah akibat larut dalam air yang diminum. (source: dr. Tania Savitri)

Perilaku-perilaku tersebut tidak memerlukan biaya apapun untuk mengatasi penyakit asam lambung. Tinggal kita biasakan saja perilaku tersebut dengan aturan yang lebih baik.

Baca Juga :   Tips Ampuh Memutihkan Kulit Menggunakan Kulit Jeruk

5 Perilaku tersebut jika diatur dengan benar maka dapat berperan dalam mengobati asam lambung yang kambuhan.

Semoga informasi ini dapat membantu kalian yang menderita penyakit asam lambung atau GERD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.