12 Cara Tepat Sebagai Obat Sakit Kepala Belakang

Misterje.com Sakit kepala cukup sering dialami oleh setiap orang. Penyebabnya pun cukup bermacam-macam, mulai dari penyebab biasa sampai penyebab serang virus, bakteri, dan lain-lain. Jika kalian termasuk salah satu orang yang sering mengalami sakit kelapa, berikut ini kami berikan tips 12 cara tepat yang berfungsi sebagai obat sakit kepala belakang dan juga bisa untuk obat sakit  kepala sebelah (migran).

Sakit kepala juga dikenal ada beberapa, diantaranya adalah sakit kepala sebelah (migran) dan sakit kepala belakang. Kedua jenis sakit kelapa ini termasuk yang paling sering dialami oleh orang.

Penyebabnya cukup bermacam-macam, mulai dari ketegangan, stress, gangguan cervicogenic, sinus, dan lain-lain. Secara lengkap ada di artikel penyebab sakit kepala belakang dan migran.

 

12 Cara Tepat Sebagai Obat Sakit Kepala Belakang

Pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan tips menganai 12 cara tepat sebagai obat sakit kepala belakang.

Cara mengatasi sakit kepala belakang yang sering dilakukan adalah dengan meminum obat yang secara umum dijual di pasaran dengan label obat sakit kepala. Varian dan merknya pun cuku bervariatif, biasanya orang cenderung memilih berdasarkan kecocokan.

Tetapi untuk kalian yang ingin menghindari konsumsi obat-obat seperti itu, kalian dapat mencoba tips di bawah ini untuk mengatasi sakit kepala belakang yang kalian derita.

Mengobati sakit kelapa belakang itu tidak harus meminum obat. Ada cara yang lebih aman tanpa efek samping seperti obat-obatan. Dengan melakukan beberapa kebiasaan dan aktivitas sederhana, sakit kepala yang kalian derita bisa mereda dan sembuh.

Berikut ini 12 cara tepat sebagai obat sakit kepala belakang yang dapat kalian lakukan sendiri di rumah.

 

1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan menghindari minumal beralkohol

Kestabilan cairan tubuh harus selalu terjaga, karena cairan tubuh memiliki peran penting untuk menjaga kelancaran distribusi mineral di dalam tubuh. Ini adalah hal mutlak agar terhindar dari serangan sakit kepala, bahkan juga beberapa penyakit lainnya.

Dalam sehari usahakan untuk meminum kurang lebih 8 gelas air putih.

Dan yang terpenting kalian hindari minuman yang mengandung alkohol. Meskipun sama-sama air, tetapi alkohol lebih bersifat keras kepada organ-organ tubuh kalian.

Tips pertama ini adalah perbanyak minum air putih dan hindari minuman mengandung alkohol.

 

2. Jangan Merokok dan hindari berada di dekat orang merokok

Kandungan nikotin dan beberapa jenis racun di dalam asap rokok dapat memicu berbagai jenis penyakit. Yang utama memang memperbesar gangguan paru-paru dan kanker. Tetapi kandungan berbahaya dari rokok ini juga berperan penting pada proses gejala sakit kepala bagian belakang yang dialami seseorang.

Baca Juga :   Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Itu Mudah

Selain kalian dilarang untuk merokok, sangat disarankan juga kalian jaga jarak dengan orang ketika mereka merokok. Karena sifat dari kandungan nikotin rokok dapat tersalurkan melalui asap dan itu bisa terjadi secara aktif (ketika merokok) maupun pasif (ketika berada dekat dengan orang merokok).

Tips kedua ini adalah jangan merokok dan hindari asap rokok.

 

3. Sebisa mungkin hindari stress berlebih

Di dalam sebuah penelitian, stress dianggap sebagai penyebab paling dominan ketika seseorang mengalami sakit kepala belakang.

Dengan menghindari stress, atau setidaknya untuk membuat stress tidak berlebihan sangat penting dilakukan dalam tujaun menghindari dan mengobati  sakit kepala belakang.

Jika sudah mengalami stress, sebaiknya kalian langsung melakukan rileksasi agar stress mereda dan hilang. Rekomendasi caranya bisa dengan melakukan meditasi menurut ritual agama masing-masing.

Tips ketiga ini adalah hindari stress, terutama stress yang berlebih.

 

4. Melakukan terapi panas dingin

Tips ini cukup sering dilakukan sebagai obat penderita sakit kepala belakang karena memang terpercaya manjur. Karena terapi ini dapat melonggarkan pembuluh darah melancarkan peredaran darah yang menjadi salah satu penyebab sakit kepala belakang.

Terapi panas dingin ini maksudnya adalah melakukan pengompresan dengan suhu yang berbeda dan posisi area yang berbeda.

Tips ke empat ini adalah dengan cara melakukan pengompresan bagian dahi dan pelipis menggunakan air dingin dan mengompres kepala bagian belakang dan leher dengan air hangat.

 

5. Selalu penuhi nutrisi tubuh dengan asupan makanan yang baik

Peran nutrisi asupan makanan untuk mencegah maupun mengobati sakit kepala sangat penting. Kekurangan nutrisi tubuh dapat memperparah kondisi sakit kepala, bahkan memicu penyakit lainnya.

Perhatikan kandungan nutrisi dari makanan yang kalian konsumsi sehari-hari dan hindari mengkonsumsi makanan dengan kandungan bahan pengawet yang tinggi.

Tips kelima ini adalah dengan mencukupi nutrisi tubuh dengan asupan makanan yang bergizi seimbang.

 

6. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint

Kandungan mentol yang ada di dalam mint dapat memberikan rileksasi di kepala. Sehingga ketegangan otot yang terjadi di bagian belakang kepala sampai leher dapat berangsur menurun dan melancarkan peredaran darah ke otak. Hasilnya sakit kelapa di bagian belakang dapat teratasi dengan cara terapi ini.

Semua makanan dan minuman yang mengandung mentol mint dapat digunakan untuk terapi ini, termasuk permen mint.

Tips keenam ini adalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint.

Baca Juga :   Cara Mengangkat Komedo Bahkan Jerawat Dengan Putih Telur

 

7. Selalu memperhatikan posisi tubuh ketika beraktivitas

Ketika kita beraktivitas, posisi tubuh pasti akan mengikuti pergerakan dari aktivitas tersebut, termasuk saat kita tidur. Posisi tubuh yang kurang tepat ketika melakukan aktivitas tersebut dapat memicu terjadinya ketegangan pada otot dan tulang tubuh, sehingga mengganggu peredaran darah, terutama di bagian leher.

Inilah yang menyebabkan sakit kepala belakang menyerang.

oleh karena itu, menjaga posisi tubuh dengan benar saat beraktivitas sangatlah penting untuk menghindara cidera dan efek-efek lainnya bagi otot dan tulang.

Tips ketujuh ini adalah senantiasa menjaga posisi tubuh ketika beraktivitas.

 

8. Melakukan peregangan otot leher dan kepala

Ketegangan otot di bagian leher dan kepala belakang adalah penyebab utama dari sakit kepala bagian belakang. Ketegangan ini dapat diatasi dengan melakukan peragangan otot bagian leher.

Cara melakukan peregangan cukup dengan menekuk pelan kepala ke arah kanan, kiri, bawah, dan atas secara bergantian dengan durasi hitungan tertentu yang sama.

Setelah itu lakukan gerakan “boomerang” kepala ke kanan, kiri, bawah, dan atas (seperti senam waktu masih di SD/MI). Lakukan gereak ini berulang-ulang sampai terasa ringan di bagian leher dan kepala. Lakukan secara pelan saja, jangan keras-keras dan terlalu cepat.

Tips kedelapan ini adalah melakukan peregangan otot bagian leher dan kepala belakang dengan senam kecil.

 

9. Pijat kepala dan leher dengan pelan dan halus

Tindakan inilah yang paling sering dilakukan orang ketika mengalami sakit kepala. Tindakan ini menjadi obat sakit kepala belakang yang dilakukan pertama kali. Tindakan ini cukup disarankan untuk mengurangi rasa sakit yang dirasa.

Cara mengatasi sakit kepala dengan pijat ini adalah dengan memijat bagian dahi ditarik ke kanan dan ke kiri sampai di dekat telinga. Kemudian pijatan di belakang dilakukan pada bagian leher ke arah pundak kanan dan kiri.

Lakukan pijatan dengan pelan dan halus. Lebih baik lagi jika menggunakan minyak urut yang hangat atau minyak kayu putih.

Tips kedelapan ini adalah lakukan pemijatan pada bagian dahi dan leher secara halus dan konsisten.

 

10. Lakukan pemijatan syaraf atau melakukan akupuntur

Untuk tindakan yang satu ini diperlukan bantuan seseorang yang sudah profesional di bidang pijat syaraf dan akupuntur. Atau untuk pijat syaraf mungkin kalian dapat lakukan sendiri untuk bagian sederhananya.

Untuk mengobati sakit kepala bagian belakang kalian bisa memijat sela antara ibu jari ddengan jari telunjuk tangan kanan dan kiri. Lakukan pemijatan secara konsisten, tidak perlu terlalu keras menekannya. Jika kalian mengalami sakit kepala pasti  akan terasa sakit ketika bagian ini ditekan.

Baca Juga :   Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Sudah Terbukti

Selain itu kalian juga bisa memijat sendiri bagian telapak kaki kanan dan kiri secara bergantian menggunakan jempol tangan. Tidak perlu keras-keras menekannya dan lebih baik lagi menggunakan minyak urut atau kayu putih yang hangat.

Untuk mengatasi sakit kepala bagian belakang dengan akupuntur, sangat disarankan untuk datang ke ahli akupuntur, JANGAN DILAKUKAN SENDIRI.

Tips kesembilan ini adalah melakukan pemijatan syarat atau melakukan akupuntur.

 

11. Lakukan senam aerobik secara rutin di pagi hari

Melakukan senam aerobik setiap pagi secara rutin dapat digunakan sebagai langkah pencegahan sakit kepala bagian belakang. Dan jika memang sudah mengalami sakit kepala belakang, melakukan senam aerobik yang ringan dapat meringankan rasa sakit kepala yang diderita.

Gerakan-gerakan senam aerobik yang dinamis, terutama pada pergerakan otot leher dan kepala dapat membantu menurunkan ketegangan otot yang menjadi penyebab sakit kepala. Senam aerobik dapat menjadi obat sakit kepala belakang yang manjur dan mudah dilakukan.

Cara ini hampir sama dengan cara peregangan, hanya saja gerakannya menggunakan gerakan senam aerobik.

Tips kesebelas ini adalah dengan melakukan senam aerobik ketika sedang sakit kepala atau tidak.

 

12. Melakukan olahraga secara teratur dan konsisten

Peribahasa menyatakan “mencegah lebih baik dari mengobati“, itu memang benar adanya. Terkait dengan pembahasan obat sakit kepala belakang, olah raga secara rutin dan konsisten adalah obat yang paling direkomendasikan.

Dengan melakukan olahraga setiap hari, keadaan otot kita akan stabil dan baik, peredaran darah lancar, dan tidak adanya sumbatan yang dapat menyebabkan sakit kepala. Olahraga yang teratur dapat menjadi obat sakit kepala belakang yang mujarab.

Olahraga tidak harus berat, lari-lari kecil pun sudah cukup untuk menjaga otot-otot tubuh tetap terjaga agar tidak tegang. Asalkan sudah berkeringat meskipun sedikit, aktivitas sudah disebut dengan olahraga.

Tips terakhir ini adalah dengan melakukan olahraga secara rutin sebagai langkah pencegahan.

Itulah beberapa tips yang dapat digunakan sebagai obat sakit kepala belakang. Tidak perlu meminum obat kimia untuk mengobati sakit kepala, cukup dengan tindakan kita saja sudah bisa. Semoga bermanfaat dan selama mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.